04
Mei
11

KONDISI SMPN 35 PADANG

SMP Negeri 35 Padang dari usia berdirinya merupakan sekolah yang masih berusia muda. Sekolah ini baru dan mulai menerima siswa baru sejak tahun pelajaran 2002/2003. Sekolah ini sebelumnya merupakan filial SMP Negeri 20 yang diresmikan pada tanggal 5 April 2003 oleh Walikota Padang yang dijabat oleh Drs. Zuiyen Rais, MS. Sebagai sekolah baru bila dibandingkan dengan sekolah yang ada di Kota Padang, maka sedikit demi sedikit sekolah ini juga berbenah diri agar sejajar dengan sekolah sederajat yang lebih dahulu berdirinya.

Perkembangan SMPN 35 Padang pada dasarnya telah maju pesat, walaupun baru memiliki 11 ruang belajar dan ruang yang lain serta lingkungan kondusif yang dibatasi oleh pagar sekolah. Namun kondisi tersebut spontan menjadi kurang kondusif dengan kehilangan sebagian besar pagar yang mengelilingi lingkungan SMPN 35 Padang yang diakibatkan gempa yang terjadi pada tahun 2007 di mana pada saat itu SMPN 35 Padang masih dibawah pimpinan Bapak Drs. Hakim, M.Pd. Keinginan untuk merehabilitasi atau merenovasi pagar yang telah rusak merupakan sasaran utama yang akan dilaksanakan, namun bantuan tidak juga kunjung datang berdasarkan laporan dan permohonan yang telah dikondisikan pihak sekolah dan komite.

Melihat kondisi tersebut, maka pihak sekolah  dan komite berusaha merehabilitasi kondisi pagar tersebut dengan dana yang diambil dari Dana Komite yang merupakan sumbangan dari Orang Tua Siswa. Akhirnya pagar SMPN 35 Padang selesai juga walaupun hanya sekedar pembatas saja.

Kondisi belajar di SMPN 35 Padang berjalan kembali normal walaupun tidak sekondusif sebelumnya. Tepatnya tanggal 30 September 2009 Kota Padang kembali digoyang gempa yang mengakibatkan Kota Padang luluh lantah salah satunya SMPN 35 Padang mengalami kerusakan yang sangat berat. Baik dari kondisi bangunan sekolah maupun pagar yang mengelilinginya telah habis rata dengan tanah.

( Gambar Pagar yang Rusak Akibat Gempa)

Akhirnya angin segar pun datang , di mana tepatnya pada bulan Desember 2009 telah diterima dana bantuan rehabilitasi untuk pagar SMPN 35 Padang sebanyak Rp 81.000.000,- dan ditambah 10 % dengan dana sering yang diambil dari dana komite yang berjumlah Rp 8.100.000,-. Lingkungan SMPN 35 Padang kembali telah memiliki pagar yang baik dan telah menjadikan suasana lingkungan pembelajaran yang kondusif walaupun telah

( Gambar Pagar telah selesai dibangun pasca gempa )

Banyaknya bangunan rusak di kota Padang, menjadikan daerah-daerah merasa terpanggil untuk membantu sesamanya, bahkan bantuan datang juga dari Negara lain. Prosedur bantuan yang datang harus melalui survey langsung ke lapangan oleh pihak-pihak yang berkepentingan, baik dari pihak pemerintah daerah, pihah swasta, bahkan pihak Negara lain yang turun langsung melihat kenyataan di lapangan. Seperti itu juga di SMPN 35 Padang telah banyak dari berbagai pihak melakukan survey dengan maksud memberikan bantuan terhadap fasilitas pendidikan yang rusak. Namun semua itu terasa hampa, karena telah berjalan satu tahun pasca gempa, bantuan untuk merenovasi bangunan sekolah juga belum ada realisasinya walaupun berbagai laporan dan proposal telah diajukan demi kelanjutan pendidikan di SMPN 35 Padang. Berikut di antara bangunan SMPN 35 padang yang mengalami kerusakan :

( Gambar Bangunan Sekolah yang Rusak Akibat Gempa )

Kondisi ruang kelas yang sedemikian rupa membuat sebagian siswa tidak dapat mengikuti pembelajaran seperti biasa, namun hal tersebut dikondisikanlah melalui Dinas Pendidikan belajar di tenda darurat.

( Kondisi Belajar Di Tenda Darurat )

Belajar di tenda darurat tidak lama berlangsung, hal ini karena sering hujan dan badai yang mengakibatkan tenda tersebut rusak dan tidak bisa dipakai lagi. Kondisi tenda darurat habis, maka diantisipasi pula dengan permohonan untuk mengadakan lokal darurat melalui dinas pendidikan sebanyak 3 lokal.

(Kondisi Lokal Darurat)

Adapun berkat kesabaran dari pihak sekolah, akhirnya pada akhir September 2010 telah diterima dana bantuan untuk rehabilitasi bangunan sekolah untuk 3 paket sebanyak Rp 270.000.000,- yang pembangunannya sampai saat sekarang ini masih berjalan, di mana perencanaannya di akhir Desember 2010 ini telah siap 100 %.

( Kondisi SMPN 35 Padang sedang renovasi ruang kelas )

Di samping itu sebenarnya telah beredar pula isu bahwa SMPN 35 Padang mendapat bantuan pembangunan kelas baru yang donaturnya menjalin Kemitraan Australia – Indonesia.. Namun itu sebenarnya hanya isu saja, akan tetapi kenyataannya di lapangan belum ada dan hal ini telah beberapa kali ditinjau oleh pihak yang terkait tentang kebenaran tersebut ke SMPN 35 Padang. Pada hakikatnya, hal ini telah termuat langsung di website http://www.padang.go.id/, bahwa di sana tertulis daftar sekolah yang telah mendapat pembangunan sekolah baru dan ruang kelas baru, di antaranya tertulis nama SMPN 35 Padang sebagai salah satu sekolah yang mendapat bantuan dengan kemitraan Australia – Indonesia, akan tetapi nyatanya dibatalkan. Kondisi tersebut telah ditelusuri kembali oleh pihak sekolah, mengapa bantuan pembangunan kelas baru di SMPN 35 Padang dibatalkan. Hal ini berkaitan dengan belum adanya Serifikat Tanah atas nama SMPN 35 Padang. Bukti kepemilikan tanah SMPN 35 Padang seluas 6.000 M2 sampai saat ini masih berupa Keputusan Walikota Padang dengan No : 460.577/BPN – 2009, hal ini pun bahwa tanah tersebut masih ditempati ± 15 Kepala Keluarga yang masih sangat perlu untuk dituntaskan dalam pembebasannya. Demikianlah kondisi SMPN 35 Padang sampai saat sekarang ini. Terima kasih.

Padang, 21 Desember 2010

Kepala SMP Negeri 35 Padang

ttd

Haslinda, S.Pd

NIP. 19600509 198302 2 003


0 Responses to “KONDISI SMPN 35 PADANG”



  1. Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


Link Favorite

Photo Albums

Gue(005)

DSC00040

DSC00039

DSC00038

DSC00036

DSC00035

DSC00034

DSC00033

DSC00032

DSC00031

Lebih Banyak Foto

%d blogger menyukai ini: